Nostalgia Mini Banking -Setiap Pengalaman itu Berharga-

Saya dulu kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) Program Diploma Komunikasi. Masa kuliah adalah masa belajar yang paling mengasyikan karena jurusan yang sesuai jiwa dan tim dosen yang baik-baik banget.

Dari semenjak Sekolah Menengah Pertama(SMP) memang udah minat banget sama dunia Jurnalistik, oleh karena itu sejak saat itu sudah mulai aktif freelance di salah satu harian di Kota Bogor.

Sampai akhirnya saya lulus kuliah, sebenernya pengen lanjutin karir di media, tapi dulu namanya fresh graduate, rasanya pengen punya pengalaman apa aja di dunia kerja. Dapet rezeki pada salah satu job fair, akhirnya keterima di PT. Bank Internasional Indonesia.

283409_2064835114674_5931668_nPas masuk, bener-bener NOL tentang perbankan. Saat itu saya mulai di posisi Teller. Yaampun… sekolah aja menghindar dari angka (masuk IPS. Anak Social=Anak yang Hobi Sosialisasi)ya deeehh…hihihi, taunya kerja harus berkutat sama angka, real number!Money and very a lot of money! (Uangnya Orang.hiksss) tapi udah pasrah ajaa…Yang terpenting niat belajar dan tambah pengalaman yang kuat.

388173_2663713846268_1096110673_nMini banking pun dimulai, saya ketemu banyak teman baru dan menyadari bahwa saya ngga sendirian, banyak juga yang baru aja belajar perbankan, meskipun banyak juga yang well experienced, ex bank lain.Memang pada saat itu di saat bank lain menggunakan outsourcing untuk frontliner-nya, sedangkan Bii kontrak karyawannya langsung dan kesempatan untuk jadi karyawan tetap terbuka lebar.

225963_1858966608090_1514812_nSeperti pelatihan pada umumnya, Mini banking asik banget, banyak belajar sambil main. Serius tapi santai. Semua pelajaran baru bikin kita semangat dan yang terpenting, Free Meal!hehe

Setelah selesai masa Mini Banking, saya bertugas di kantor cabang. Saya mulai menikmati tugas saya sebagai teller meskipun selalu disertai rasa gelisah karena takut kurang teliti dan menyebabkan selisih kas.

248061_3742709660489_47458530_n

Ngga berapa lama kemudian, memang rezeki, saya naik ke bagian Customer Service (CS),  ternyata di bagian ini lebih menyenangkan karena saya bisa lebih banyak berinteraksi dengan customer. Setelah kurang lebih 2 tahun, saya promosi ke bagian bisnis, saat itu saya jadi marketing untuk funding.

262848_2133409468990_3428841_n487727_3908669849390_1746074878_n

 

 

 

 

 

 

Akhirnya datang juga masa penantian untuk berkarir di Media, saya resign dari bank, kemudian melanjutkan perjuangan saya di Media.

Pada saat saya menjalani karir di dunia perbankan, pada awalnya memang ada hal yang hilang dari passion saya untuk bekerja namun saat saya bekerja lebih jauh, saya belajar lebih banyak lagi.

388173_2663713846268_1096110673_nPada saat saya menjadi teller, saya belajar untuk lebih teliti. Pada saat saya menjadi CS, saya belajar untuk lebih sering menghafal untuk menguasai product knowledge dan belajar memahami customer, bukan hanya itu, sebagai CS, saya juga harus belajar jualan. Lalu Pada saat di Marketing, tantangan komunikasi, negosiasi dan pemasaran lebih tinggi lagi.

1545201_10202379322438588_376598340_nAda banyak sekali kebaikan yang saya dapat dari pengalaman di perbankan. Pengetahuan mengenai produk dan psikologi nasabah. Jadi meskipun di awal itu saya fikir saya salah masuk kerja, but in the end… everything is a blessing. Pengalaman adalah guru yang paling berharga.

 

With Love,

RIY

Leave a Reply

